Istilah Telematika Huruf G

Gallery
Beberapa bentuk atau format penggunaan yang telah disediakan oleh software tertentu.

Game
Istilah untuk menyebutkan software permainan.

Game Port
Sebuah konektor I/O yang digunakan untuk menyambungkan sebuah joystick atau video game controller yang lain. Game port umumnya adalah socket s15-pin pada bagian belakang PC.

Gap Digit
Angka yang tidak berisi data atau perintah apapun.

Gap Scatter
Penyimpangan jarak yang dibutuhkan head baca/tulis di atas permukaan magnetik.

Garbage
Istilah untuk data yang salah, gangguan yang muncul di saluran komunikasi, perintah yang tidak tepat, input yang tidak sesuai, dan sebagainya.

Garbage Collection
Program penandaan pada sel-sel memori yang berisi hal-hal yang tidak penting untuk komputer. Proses ini secara otomatis dikerjakan pada komputer denagn penyimpanan dinamis.

Gate
Sirkuit digital yang membuat suatu keluaran hanya untuk kondisi masukan tertentu. Setiap fungsi logika seperti AND atau OR dapat ditampilkan dengan gate yang sesuai. Untuk fungsi logika yang lebih kompleks dapat dibuat dengan merangkai beberapa gate menjadi satu.

Gated (Gattdaemon)
Sebuah perangkat lunak yang dapat dimiliki secara gratis melalui Internet, berfungsi sebagai program pendukung protokol-protokol routing multiple. Dapat juga dimanfaatkan untuk routing.

Gateway
Sebuah komputer yang melayani konversi protokol antara beberapa tipe yang berbeda dari suatu network atau program aplikasi. Sebagai contoh, sebuah gateway dapat meng-convert sebuah paket TCP/IP menjadi paket NetWare IPX atau dari Apple Talk menjadi DECnet, dan lain-lain.

Gateway Script
Script Gateway, suatu program yang berjalan dalam server Web yang berguna memproses masukan dari form.
Kamus Istilah Komputer dan Informatika Andino Maseleno 90Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com

Gathering Data
Menggabungkan sejumlah data seperti pada data collection.

Gather Write
Operasi yang membentuk record tunggal dari pengumpulan sejumlah field di lokasi memori utama.

GB
Berasal dari kata GigaByte, merupakan satuan pengukuran kapasitas harddisk pada komputer dengan 1 GB = 1024 MB.

GBT (Gerakan Bawah Tanah)
Istilah yang diberikan para pengguna fasilitas IRC untuk menyebut user yang kelihatannya diam, tetapi sedang berbicara kepada orang lain secara diam-diam.

GCR (Group Coded Recording)
Metode perekaman data pada pita magnetik dengan kerapatan sangat tinggi.

General Format Identifier
Bagian dari format umum paket data yang terdiri dari 4 bit (yaitu bit 5, 6, 7, dan 8) serta menunjukkan bentuk header paket. Bit 5 – 6 menunjukkan urutan penomoran yang digunakan, bit 7 berfungsi untuk mengantarkan tata cara konfirmasi dalam paket data dan bit 8 bertugas membedakan paket data.

Generalized Routine
Suatu rutin yang memiliki kemampuan mengolah berbagai macam tugas.

General Program
Program yang sengaja dibuat untuk menyelesaikan masalah tertentu ketika semua nilai dari parameter-parameternya telah tersedia.

General Purpose Automatic Test System
Peralatan yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengujian secara otomatis terhadap semua perangkat keras dalam sistem.

General Purpose Computer
Komputer yang dibuat untuk menangani beberapa jenis masalah. Karena itu umumnya pengolahan data harus dikendalikan manusia secara bertahap.

General Purpose Function Generator
Alat atau komponen program yang dapat diubah, digunakan untuk mengaktifkan suatu fungsi. Setiap perubahan akan mengaktifkan fungsi yang berbeda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah Telematika Huruf X

Istilah Telematika Huruf I

istilah telematika huruf B