Istilah Telematika Huruf D

3D Studio Max
Software untuk pembuatan animasi tiga dimensi. Sejak pertama kali dirilis, 3D Studio Max menjadi pemimpin aplikasi pembangunan animasi tiga dimensi. Sejak versi ke empat, Discreet, produsen 3D Studio Max, berusaha untuk meluaskan area fungsinya sehingga dapat digunakan untuk membuat animasi bagi Web atau film. Versi terbarunya, yaitu versi 5, sudah mengarah kepada perluasan fungsi tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pengembangan pada polymodellingmapping dan beberapa beberapa revisi pada tool untuk animasi. Namun dari fitur-fitur yang ada, fitur yang paling menarik dari 3D Studio Max versi 5 adalah reactorReactor ini terintegrasi denganinterface dari 3D Studio Max dan menyediakan tool untuk membuat simulasi.
3D Studio Max ini sering digunakan untuk membuat model-model rumah atau furniture. Selain itu, banyak pula digunakan di dalam seni digital dan pembuatan game.

D/A Converter
Alat yang mengubah informasi digital ke dalam bentuk analog.

Daisy Chain
Teknik menghubungkan peralatan tambahan secara seri ke sebuah computer. Alat pertama dihubungkan langsung ke computer, alat kedua dihubungkan ke alamat pertama, alat ketiga dihubungkan ke alat kedua, dan seterusnya. Alat yang dipasang pertama kali selalu menjadi prioritas utama pelaksanaan tugas. Sedangkan peralatan yang terletak di akhir rangkaian akan menjadi prioritas terendah.

DARPA (Defense Advanced Research Project Agency)
Badan pemerintah Amerika Serikat di bawah departemen pertahanan yang mengembangkan DARPAnet, cikal bakal jaringan Internet.

Data
Kumpulan dari angka-angka maupun karakter-karakter yang tidak memilii arti. Data dapat diolah sehingga menghasilkan informasi.

Database
Sekumpulan file yang saling terkait dan membentuk suatu bangun data. Database minimal terdiri dari satu file yang cukup untuk dimanipulasi oleh komputer sedemikian rupa.

Database Admnistrator
Orang yang bertugas untuk mendefinisikan pola struktur database, menentukan metode akses dan penyimpanan, berwenang memberikan ijin pengaksesan data pada pengguna, dan lain sebagainya.

Database Information Utility
Layanan penyediaan informasi yang ditawarkan sebuah basis data jaringan sehingga pengguna jaringan bisa mendapatkan laporan informasi yang diinginkan.

Database Management
Pengelolaan data dalam suatu basis data, cara memasukkan data dalam database, memperbaharuinya dan menyajikan informasi dari data tersebut.
Kamus Istilah Komputer dan Informatika Andino Maseleno 47Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah Telematika Huruf X

Istilah Telematika Huruf I

istilah telematika huruf B