Istilah Telematika Huruf S

Scene
Bagian dari rangkaian animasi yang dapat berupa teks atau gambar yang terdiri dari beberapa frame.

Script
Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman khusus dan biasanya terdiri dari serangkaian perintah. Script biasanya bekerja bila suatu program aplikasi dijalankan.

Script Kiddie
Sebuah pola serangan yang sering dilancarkan oleh hacker pemula dengan menggunakan alat bantu ringan yang bisa mereka dapatkan di banyak situs hacker lainnya. Alat bantu yang biasanya berisi sederetan skrip sederhana ini mereka gunakan untuk mendeface atau melancarkan DOS (Denial of Service) pada korban yang memiliki exploit. Hacker dengan jam terbang yang lebih tinggi biasanya mencibir hacker pemula yang menggunakan metode ini karena biasanya mereka menggunakan tanpa tahu teknologi dan konsep yang ada di balik pola serangan yang dilancarkan.

SDRAM (Synchronised Dynamic RAM)
Adalah pengganti DRAM yang spektakuler. Siklus akses memori ini disinkronkan dengan clock processor. Dengan demikian mengurangi waktu tunggu antara prosessor dan memori.

Search Engine
Sebuah (fasilitas) web yang bisa mencari links dari situs lain.

Sendmail
Salah satu “mail transport agent” (MTA) yang paling banyak digunakan di sistem UNIX. Tugas dari sendmail adalah untuk menerima e-mail dari luar maupun dari sistem setempat dan mengirimkannya ke tujuan (misalnya menambahkan e-mail tersebut ke mailbox dari pemakai atau mengirimkannya ke server yang dituju.

Server
Sebuah komputer di Internet atau di jaringan lainnya yang menyimpan file dan membuat file tersebut tersedia untuk diambil jika dibutuhkan.
Sebuah aplikasi jaringan komputer yang digunakan untuk melayani banyak pengguna dalam satu jaringan.

Setting
Suatu program yang menyusun sebuah sistem atau sebuah aplikasi software.

Setup
Sebuah program yang menyiapkan suatu aplikasi software agar bisa dijalankan pada sebuah computer. Setup menciptakan sebuah folder dengan nama default pada harddisk dan meng-copy file-file dari CD-ROM atau disket.

Setup Wizard
Bagian dari program setup yang membantu user untuk melakukan proses penginstalasian dengan benar.

Serial Port
Sebuah port pada komputer yang mentransmisikan satu bit informasi pada satu waktu. Lawan dari serial port adalah pararel port.

Shadow mask
Di dalam monitor CRT adalah sebuah layar metal yang dipenuhi lubang yang lokasinya berada tepat di belakang layer fosfor. Setiap pistol electron merah, biru, dan hijau mengirimkan sinar melalui lubang pada shadow mask ke layer fosfor. Metode ini dapat menjaga ketajaman gambar, tetapi mempunyai efek samping yaitu mengurangi potensi brightness pada layar.

Shared Hosting
Layanan hosting diberikan dengan meletakkan file-file pelanggan dalam satu server bersama dengan pelanggan lainnya. Cara ini memang lebih hemat dalam investasi awal, akan tetapi menjadi masalah pada saat situs pelanggan menjadi semakin besar serta semakin banyak pengaksesannya. Apalagi bila ditambahkan dengan file besar seperti stream-video. Keterbatasan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah Telematika Huruf X

Istilah Telematika Huruf I

istilah telematika huruf B